Conferences

Event Details

PostgreSQL Conference ASIA 2018 in Japan

The PostgreSQL Conference Asia adalah acara komunitas PostgreSQL tahunan dan terbesar di Jepang, yang diselenggarakan dibawah naungan Japan PostgreSQL Users Group (JPUG). PGConf.ASIA 2018 merupakan konferensi internasional untuk PostgreSQL. Ajang tahunan konferensi Internasional ini menyuguhkan pemaparan tentang seluruh aspek PostgreSQL. Terselenggaranya acara ini sukses berkat dukungan dari berbagai pihak, beberapa sponsor acara ini antara lain dari SRA OSS, NTT-DATA, ASSIST, FUJITSU, NEC, dan sponsor-sponsor lainnya. Tak absen dalam ajang ini, perwakilan dari Equnix Business Solutions pun menghadiri PG Conference 2018 yang diselenggarakan di Jepang tahun ini.

Acara tersebut merupakan Annual PostgreSQL Conference ASIA yang diadakan setelah 4 tahun belakangan ini di Jepang, dengan mengundang pada komunitas PostgreSQL dari ASIA dan sekitarnya. Konferensi PostgreSQL kali ini berskala besar karena dihadiri oleh peserta seluruh dunia tidak hanya se Asia bahkan di luar Asia. PG Conference ASIA 2018 dilaksanakan pada tanggal 11 - 12 Desember 2018 di Akihabara Convention Hall, Akihabara Dai Bldg 2F 1-18-13 Sotokanda, Chiyoda-ku, Tokyo, 101-0021 Japan.

Tahun depan rencananya acara Konferensi ini akan diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Denpasar, Bali. Dengan melibatkan beberapa Negara di Asia seperti Indonesia, Jepang, Korea, Singapore, Malaysia, Vietnam, Myanmar dan negara - negara Asia lainnya, dan membentuk kepanitiaan yang melingkup negara-negara tersebut diharapkan akan dapat men jadi wadah yang baik untuk menampung aspirasi seluruh negara Asia dalam konferensi tersebut.

Konferensi ini akan menjadi peluang besar bagi pengguna dan pengembang PostgreSQL untuk belajar dan bertukar informasi tentang PostgreSQL. Sebagai sebuah komunitas, perlu adanya pertemuan seperti conference untuk saling mengakrabkan, saling berbagi ilmu secara tatap muka langsung, dan mempertemukan antara para developer dengan user dan implementor, sehingga terjadi saling satu kesatuan sinergi yang memperkuat ekosistem sebuah komunitas Open Source, dalam hal ini PostgreSQL.PG Conference ASIA 2018 ini bertujuan untuk, berdiskusi, memangun hubungan, belajar untuk menambah wawasan yang berharga dari pengalaman pengguna yang telah dilakukan, dan umumnya berdiskusi tentang pekerjaan yang dilakukan oleh para masing-masing pengguna PostgreSQL.

Acara konferensi di Jepang tahun ini cukup ramai dan banyak sekali mengundang antusias dari para developer dan user PostgreSQL Jepang, tapi juga terbuka untuk seluruh negara baik dari Asia maupun di luar Asia. PGConf.ASIA 2018 dilakukan selama 3 hari, yang terdiri dari unconference session, dimana kegiatan ini seperti diskusi bebas dan terbuka untuk para developer dan user yang baru mengenal PostgreSQL.

Hari pertama di isi dengan Pre-user conference, ini merupakan acara yang di peruntukan untuk orang yang tertarik dengan PostgreSQL, tapi belum pernah menggunakannya. Kemudian di hari kedua di buka oleh Keynote Speaker Robert Haas, beliau merupakan kontributor utama dan pemrakarsa PostgreSQL, dalam penyampaiannya membahas mengenai masa depan PostgreSQL seperti apa kedepannya. Dilanjutkan oleh Grant Zhou dari China yang menjelaskan mengenai perkembangan PostgreSQL yang sangat pesat di China dan Amerika Utara. Setelah itu dilanjutkan dengan Pembicara yang berbeda dengan dibagi ke dalam dua track (kelas), yaitu kelas berbahasa Inggris dan kelas berbahasa Jepang dengan translasi. Hari ketiga dimulai dengan talks, dan pada sesi akhir sebelum penutup diisi dengan Lightning talks, dimana setiap volunteer lightning talks yang sudah mendaftarkan topik sebelumnya memberikan presentasi tentang apa saja yang berkaitan dengan PostgreSQL dan diberikan waktu selama maksimum 5 menit.

Diantara Komunitas PostgreSQL tersebut dari Indonesia mendapat kesempatan untuk mengisi Lighting Talk. Budi Setiawan selaku Division Head of Business Development dari PT EDI Indonesia berpartisipasi dalam Lightning talks dengan menceritakan testimoni migrasi Database sistem nasional Indonesia dari Oracle ke PostgreSQL pada PT EDI Indonesia, dan Lucky Haryadi selaku CTO dari Equnix Business Solutions juga berbagi mengenai bagaimana membangun sistem ETL yang berperforma tinggi untuk mentransformasikan dan meload data dari raw file berukuran 40 GB dengan 100 juta data dalam waktu 3,5 menit. “Forum ini sangat bagus dan cocok untuk kita mengetahui roadmap pengembangan PostgreSQL kedepannya”, kata Budi Setiawan.

Untuk di hari terakhir panitia menutup Acara Conference dengan party bersama dan dinner untuk saling bersosialisasi. Ini adalah kesempatan emas untuk berdiskusi dengan banyak peserta konferensi dari berbagai negara termasuk pengembang PostgreSQL.

“PGConf.Asia 2018, acaranya sangat seru dan menarik semua komunitas PostgreSQL berkumpul dari seluruh dunia untuk berdiskusi tentang perkembangan PostgreSQL, saran saya untuk pemberi materi jangan hanya menampilkan slide saja, tetapi juga simulasi yang mirip case study dan juga session hand-on sehingga peserta tidak terlalu jenuh dengan banyaknya presentasi jadi akan lebih interaktif di sisi user atau peserta yang ikut conference”, tutur Arief Hilman Sulaiman, TrueMoney Indonesia yang ikut menghadri PGConf.ASIA tahun ini.

Harapan dari Equnix Business Solution dimana salah satu perusahaan yang melakukan research dalam PostgreSQL Open Source di Indonesia adalah dengan adanya conference yang dilakukan tiap tahun dapat memberikan kontribusi mengenai perkembangan PostgreSQL kedepannya dan selalu dapat berbagi informasi penemuan terbaru dalam hasil research.

Need further information?

Don't hesitate to Call us at 0811-11-888-12
Or fill out the interactive form below

I would like to...